7 Tips Mudah Merawat Kulit Wajah

Dalam merawat kulit, khususnya wajah, tidak bisa sembarangan. Bahkan asal memilih produk hanya karena produk tersebut sedang hype di pasaran. Bahkan, untuk sekadar bisa mendapatkan kulit wajah cantik, cerah, dan selalu nampak sehat, harus memperhatikan beberapa hal. Seperti makanan yang dikonsumsi hingga jam istirahat yang dibutuhkan.

Selalu bisa tampil cantik dengan polesan sederhana selalu menjadi impian setiap wanita. Oleh karena itu, yuk pastikan bahwa perawatan yang kita lakukan untuk kulit wajah yang dimiliki telah tepat.

1. Istirahat Cukup

Jam istirahat atau mudahnya waktu tidur dalam sehari, sering kali diremehkan. Kita beranggapan bahwa karena usia yang sudah menginjak dewasa tidak perlu tidur terlalu lama. Padahal, faktanya tidak begitu. Justru, kekurangan jam tidur juga bisa berdampak pada kesehatan kulit lho, ladies!

Kurangnya jam tidur membuat kinerja hormon kortisol pada tubuh memicu adanya inflamasi yang dapat membuat kulit menjadi kusam. Nah, jadi pastikan kita tidur tujuh hingga delapan jam sehari!

2. Olahraga Teratur

Kesibukan yang dimiliki, tak jarang membuat kita tak sempat memiliki waktu (meski hanya sebentar saja) untuk bisa berolahraga. Fungsi olahraga nyatanya bukan hanya baik untuk diet dan kesehatan organ tubuh bagian dalam saja, seperti jantung, paru-paru, dan sebagainya. Olahraga juga baik untuk kesehatan kulit, di antaranya:

  • Meremajakan kulit – “Kulit adalah agen detoksifikasi terbesar dan dengan berkeringat juga mendorong peningkatan aliran darah dan bisa bertujuan untuk meremajakan kulit. Hal ini meningkatkan oksigen, hormon, dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit. Hasilnya kulit menjadi lebih sehat,” ungkap Dr. Shyamalar Gunatheesan, dokter kulit di Sinclair Dermatology, Australia.
  • Membuat kulit lebih bersinar – “Saat berolahraga maka detak jantung meningkat dan aliran darah meningkat mendorong vitamin, mineral, dan oksigen. Hasilnya, kulit dapat lebih bercahaya dan bebas dari kusam. Bisa dilihat dari pipi yang memerah setelah habis berolahraga,” ungkap Jason Wimberly, oelatih dan pakar kebugaran.

3. Makanan Bergizi dan Mengatur Konsumsi Air

Makanan yang bergizi dan air putih yang cukup dalam tubuh, tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, metabolisme, dan antibodi. Bahkan, juga baik untuk kulit.

Beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang bisa kita dapatkan langsung dari alam juga dapat membantu membuat kulit lebih cerah dan sehat. Misal, stroberi, kiwi, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat baik dalam membantu mencerahkan kulit.

Sedangkan air putih yang cukup, dapat membantu mengontrol kadar air dan minyak dalam kulit menjadi seimbang. Sehingga kulit tidak dehidrasi bahkan kering. Minumlah air putih paling tidak 1,5 hingga 2 liter dalam sehari.

4. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Produk perawatan kulit wajah dan kecantikan juga tidak bisa dipilih sembarangan. Pastikan, produk yang akan digunakan sudah sesuai dengan jenis kulit. Hal ini dapat membantu menutrisi kulit dari luar sesuai dengan jenisnya.

Contohnya, kulit kering baiknya tidak menggunakan produk-produk yang biasa digunakan untuk kulit berminyak. Karena, pada produk-produk untuk kulit berminyak lebih cenderung bersifat mengurangi minyak berlebih pada wajah. Jika kulit kering menggunakan produk tersebut, yang ada bukan malah terlembabkan justru semakin kering.

Usahakan pula untuk menggunakan masker dan rajin melakukan eksfoliasi pada kulit wajah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Masker membantu mencerahkan dan mengatasi beberapa masalah yang ada dalam kulit. Sedangkan eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

5. Pakai Tabir Surya

Sinar matahari mengandung pula sinar ultraviolet (UV) yang bahkan bisa menembus kaca. Sehingga, meski di rumah saja, sebaiknya kita juga tetap menggunakan tabir surya. Karena sinar UV yang terserap oleh kulit dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Sedangkan, bila kulit terlalu banyak menyerap sinar UV, juga tidak baik. Salah satu akibat yang dapat terjadi adalah kulit lebih cepat mengalami penuaan dini.

6. Atur Pola Stres

Pikiran yang berat juga dapat mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Hal ini dikarenakan, saat stres, tubuh mengeluarkan beberapa hormon tertentu yang membuat kulit lebih cepat kehilangan air, oksigen, bahkan nutrisi lainnya yang terdapat pada kulit.

7. Jaga Kebersihan Kulit

Selain itu, kita juga harus rajin menjaga kebersihan kulit. Dengan rajin mencuci wajah dengan sabun yang sesuai jenis kulit kita. Bila terdapat jerawat, jangan langsung dipencet dengan kondisi tangan seadanya. Dan bila ada flek atau noda hitam, juga jangan langsung digaruk dengan tangan. Untuk membantu masalah tertentu yang ada pada kulit, kita juga bisa melakukan facial di salon, guna memastikan kulit kita bersih dengan cara yang benar.

Posts created 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas