Mengenal 5 Jenis Kulit

Pernah tidak, membandingkan kulit sendiri dengan milik orang lain? Biasanya yang kita bandingkan hanya dari segi penampilannya saja. Bukan mengenal lebih dalam tentang perbedaan dari jenis kulit. Padahal, untuk bisa memberikan perawatan dengan tepat, kita juga harus tahu dulu lho apa jenis kulit yang kita miliki. Terutama untuk kulit wajah kita.

Penilaian pertama ketika bertemu dengan orang lain akan jatuh pada kulit wajah kita. Orang akan melihat apakah kita cantik atau tidak dengan memperhatikan kulit wajah yang kita miliki. Terawatkah, glowingkah, atau justru berjerawat dan bopeng.

Jenis kulit dapat berbeda-beda dikarenakan beberapa faktor. Yakni, kadar air dan minyak dalam kulit hingga tingkat sensitivitas kulit wajah.

Kulit Normal

Jenis kulit ini menjadi idaman banyak orang. Karena tidak memiliki tingkat sensitivitas yang tidak cukup tinggi bahkan kadar air dan minyak yang seimbang. Kulit normal cenderung tidak banyak memiliki masalah seperti gampang beruntusan, berjerawat, hingga kemerahan. Sehingga tidak membutuhkan perawatan yang sangat intensif untuk bisa tampil cantik. Dalam kondisi yang sangat sederhana pun, tipe kulit normal mampu tampil mengesankan.

Ciri-ciri jenis kulit wajah normal:

  • Memiliki tekstur yang lembut, halus, dan merata
  • Pori-pori tidak terlalu besar dan nampak
  • Jarang memiliki jerawat dan beruntusan

Kulit Kering

Kulit kering memiliki kadar air yang lebih sedikit dibandingkan jenis kulit yang lain. Oleh karena itu, tipe kulit kering lebih cenderung cepat mengalami penuaan dini. Sehingga, bagi pemilik kulit kering tidak disarankan terlalu sering mencuci muka dengan airpanas dan menggosok kulit terlalu sering.

Jenis kulit ini memiliki karakter yang cukup mudah untuk diketahui, yakni:

  • Kulit sering terasa kencang seperti tertarik
  • Kasar bahkan bersisik di area tertentu
  • Pori-pori dan garis halus pada wajah terlihat lebih jelas

Kulit Berminyak

Jenis kulit ini merupakan kebalikan dari kulit kering. Meski kadang minyak yang dihasilkan cukup banyak dan sering mengganggu karena wajah nampak terlalu mengkilap dan tidak fresh, pemilik kulit berminyak justru lebih tahan terhadap penuaan.

Ciri-ciri kulit berminyak:

  • Memiliki kadar minyak pada wajah yang berlebih, bahkan dapat terlihat dan mengkilap
  • Pori-pori cenderung besar dan rentan terhadap jerawat serta komedo

Kulit Sensitif

Nah, kulit sensitif ini sedikit susah untuk diidentifikasi. Bisa dikatakan, pada jenis kulit sensitif, juga memiliki beberapa kondisi seperti kulit kombinasi namun dengan tingkat sensitivitas yang lebih tinggi. Utamanya terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam sebuah produk.

Kulit sensitif ada yang dikarenakan karena memang gen, yakni memiliki kadar hormon yang berbeda dengan tipe kulit lain. Atau juga dikarenakan memang respon sementara yang diberikan oleh kulit terhadap benda asing yang bersentuhan langsung.

Ciri dari kulit sensitif ditandai dengan:

  • Kulit wajah mudah gatal, kering, dan mengelupas
  • Alergi atau tidak cocok ahkan berubah kemerahan bila terkena kondisi dan/atau bahan produk tertentu
  • Sering muncul kemerahan di kulit

Kulit Kombinasi

Untuk tipe jenis kulit kombinasi, cenderung berminyak hanya di bagian tertentu. Sedangkan bagian lainnya lebih normal atau kering. Oleh karenanya, ada kombinasi normal-berminyak hingga kering-berminyak.

Jenis kulit kombinasi biasanya berminyak di area T-Zone, yakni dagu, dahi, dan hidung.

Yuk, cek jenis kulitmu segera ya, ladies! Agar tidak salah saat menenukan produk perawatan dan kecantikan yang digunakan. Salah sedikit saja, bisa menimbulkan masalah kulit yang serius pula, lho!

Posts created 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas