Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar Dari Pagi Hingga Petang

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat tentu diperlukan perawatan yang rutin. Pemilihan produk skincare yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit juga tidak boleh dikesampingkan. Agar, jangan sampai kita menggunakan produk yang tidak cocok bagi kulit kita. Lebih baik jika kita menggunakan produk skincare yang aman untuk sema Denis kulit.

Tetapi, selain pemilihan produk yang tepat, urutan penggunaan skincare juga harus diperhatikan,ladies. Hal ini berguna agar skincare yang kamu gunakan memberikan hasil yang maksimal.

Sebab, meski sekilas urutan pemakaian skincare pagi dan malam terlihat sama, tetapi ada beberapa perbedaan urutan dan produk yang sebaiknya digunakan sekali, baik saat pagi, atau malam hari saja.

Nah, agar tidak membingungkan, berikut ini urutan pemakaian skincare pagi dan malam hari yang wajib kamu ketahui.

Perawatan Wajah Di Pagi Hari

    • Facial Wash / Sabun Pencuci Wajah

Dalam produk skin care, biasanya selalu ada facial wash sebagai salah satu rangkaian yang wajib dipakai. Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Sebelum membersihkan wajah, tentunya Anda harus memastikan apakah tangan sudah benar-benar dalam kondisi bersih atau belum. Bakteri yang menempel di tangan bisa saja melompat dan berpindah ke kulit wajah. Untuk mencegah hal itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga tidak boleh berlebihan. Apabila Anda sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit Anda akan teriritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit. Alhasil, bukan keindahan kulit yang Anda dapat, melainkan problem kulit yang semakin parah.

    • Face Toner

Menurut Dr. Joel Schlessinger, seorang pakar dermatologi asal Nebraska, Amerika Serikat, toner merupakan cairan yang berbahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah kulit tertentu.

Dr. Joel Schlessinger mengatakan bahwa orang yang tidak menggunakan toner dalam skincare routine-nya melewatkan banyak hal positif untuk kulitnya. Pada dasarnya menggunakan toner berguna untuk mempertahankan kondisi kulit yang sehat.

Cara menggunakannya mudah, cukup tuangkan secukupnya ke kapas lalu tepuk lembut dengan sedikit tekanan ke kulit wajah hingga merata ke seluruh bagian wajah. Anda juga dapat menggunakan pada area leher untuk hasil lebih merata.

    • Serum Wajah

Serum wajah adalah sebotol kecil gel eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap wajah biasa. Penggunaan serum wajah sebelum krim skincare memaksimalkan kinerja skincare. Produk serum wajah berbahan dasar air, menghilangkan unsur minyak sama sekali yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Karena  serum wajah konsentrasinya sangat tinggi, cukup tuangkan sedikit saja ke ujung jari tengah dan bagikan ke 5 bagian wajah (dahi, hidung, dagu, pipi kanan dan kiri) kemudian ratakan dengan usapan lembut dan tepuk ringan wajah hingga merata. Gunakan juga untuk daerah leher agar area leher bisa mendapatkan manfaat positifnya juga.

    • Day Cream

Tinggal di Indonesia dengan iklim tropis, wajib hukumnya menggunakan moisturizer atau pelembap yang di formulasikan husus unduk di gunakan di pagi hari atan sering disebut day cream.

Selain berfungsi untuk mencegah kulit kering, penggunaan produk skin care ini juga bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mulai dari mengurangi noda hitam, mebuat kulit wajah nampak lebih putih dan cerah (glowing), mencegah kerutan dan garis halus, hingga menjaga kekencangan kulit serta mengandung tabir surya yang melindungi kulit dari efek negatif sinar UV.

Menggunakannyapun sangat mudah, cukup ratakan ke seluruh area wajah dan leher untuk perlindungan sempurna. Penggunaannya sebelum make-up, produk ini memiliki tekstur yang lebih ringan, tidak meninggalkan rasa lengket, dan cepat menyerap di kulit hanya dalam waktu hitungan menit.

Perawatan Wajah Di Malam Hari

      • Facial Cleanser/ Micelar Water
    • Jika ladies menggunakan make up, bersihkan terlabih Rahul dengan micellar water, pembersih make up atau suss pembersih (milk cleanser) untuk membersihkan make up dengan maksimal terutama bila make up ladies bersifat waterproof.  
    • Facial Wash / Sabun Pencuci Wajah

 Facial wash  ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa make up dan skincare  di malam hari.

    • Face Toner

Gunakan toner setelah menggunakan facial wash sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum, sebagai perlindungan terhadap kotoran dan minyak.

    • Serum Wajah

Gunakan kembali serum wajah sebelum pemakaian krim malam agar memaksimalkan kinerja skincare di area rajah dan leher.

    • Night Cream

Berbeda dengan pelembap di siang hari, night cream memiliki tekstur yang lebih berat. Kulit cenderung bekerja lebih lambat dalam proses melembapkan di malam hari, sehingga kulit biasanya memasuki kondisi dehidrasi saat bangun di pagi hari. Selain itu krim malam cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap dalam kulit dan sedikit meninggalkan kesan lengket.

Untuk urusan kandungan, night cream harus memiliki kandungan aktif yang berfungsi mencegah penuaan dini serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit seperti retinol, ceramide, atau hyaluronic acid yang membuat kulit lebih cerah tampak lebih putih, kenyal serta mengecilkan pori. Kandungan-kandungan tersebut sebaiknya tidak digunakan sebagai day cream.

Penggunaannya sangat mudah, ambil night cream dengan menggunakan ujung jari manis (arena tekanan pada jari manis tidak sekuat jari yang lain sehingga mencegah kerutan pada kulit wajah) dan bagikan ke 5 bagian wajah (dahi, hidung, dagu, pipi kanan dan kiri) kemudian ratakan dengan usapan lembut  jari manis dan tepuk ringan wajah hingga merata serta gunakan pada area leher juga.

Hindari penggunaan pada area sensitif seperti sekitar mata, sudut bibir serta sudut lipatan cuping hidung.

Nah, itu dia perbedaan dari urutan skincare pagi dan malam hari. Gunakanlah produk atau skincare yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit wajah ladies serta aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui.

Sebagai tambahan, ladies bisa exfoliate kulit seminggu sekali agar kulit wajah bersih optimal. 

Selain itu, ladies juga bisa menggunakan masker tiga kali seminggu untuk nutrisi tambahan.

Posts created 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas